Tips Biar Bau Mulut Wangi dan Segar Sepanjang Hari





Tips Biar Bau Mulut Wangi dan Segar Sepanjang Hari

Masalah bau mulut bukanlah sesuatu yang sepele. Anda tidak boleh mengabaikan masalah ini karena memiliki dampak buruk buat Anda dan orang lain. Orang-orang akan malas berbicara dengan Anda, apalagi berbicara secara dekat. Mereka sangat terganggu dengan bau mulut Anda ketika Anda berbicara.

Orang lain tidak akan mengatakan atau memberitahukan kepada Anda bahwa bau mulut Anda kurang sedap. Biasanya mereka hanya memperlihatkan gestur tubuh kurang suka, seperti menutup hidung atau bisa juga ingin cepat-cepat menyudahi pembicaraan dengan Anda. Mereka akan “kapok” berbicara dengan Anda dan bisa dipastikan pada keesokan harinya orang-orang sebisa mungkin menghindari berinteraksi dengan Anda karena tidak tahan dengan bau mulut Anda yang menyengat.

Anda pasti tidak mau kan apabila orang-orang menjauhi Anda hanya karena bau mulut. Nah maka dari itu sebelum masalah bau mulut ini menjadi semakin parah maka mari kita simak dibawah ini apa saja penyebab bau mulut serta bagaimana cara agar bau mulut wangi dan segar sepanjang hari. Yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini !

Penyebab Bau Mulut


1. Malas Menggosok Gigi
Bau mulut bisa saja disebabkan oleh karena kebiasaan Anda malas menyikat gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan akan menyebabkan masalah pada gigi dan mulut. Kuman-kuman akan mengubah sisa makanan tersebut menjadi asam dan kemudian menempel pada gigi sehingga terbentuklah plak atau karang pada gigi. Apabila terus dibiarkan maka bukan saja membuat nafas menjadi bau busuk tetapi juga bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.

2. Dehidrasi
Bau mulut juga disebabkan oleh karena dehidrasi. Maka dari itu penuhi asupan air putih harian Anda, setidaknya minum 8 gelas dalam sehari. Jangan lupa juga selalu minum serta kumur-kumur setelah makan agar sisa-sisa makanan tidak menempel pada gigi sehingga bau mulut tetap segar dan wangi sepanjang hari.

3. Merokok
Bau mulut perokok biasanya sangat menyengat sekali. Apalagi orang tersebut tidak rajin menggosok gigi maka sudah pasti bau mulutnya sangat tidak sedap. Merokok bisa menyebabkan mulut menjadi kering karena produksi air liur menurun. Mulut yang kering akan membuat nafas kita menjadi bau.

4. Mengkonsumsi Makanan Tertentu
Makanan seperti jengkol, durian atau petai dapat menyebabkan mulut menjadi bau menyengat. Hindari mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, apalagi pada pagi hari saat akan berangkat kerja. Bisa-bisa nanti rekan dikantor Anda menjadi pingsan berbicara dengan Anda akibat bau jengkol dan petai.

5. Gigi Berlubang
Coba cek apakah gigi Anda berlubang. Gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi kurang sedap. Tambal gigi yang berlubang tersebut agar bau mulut kembali wangi.

Tips Agar Bau Mulut Wangi


Setelah kita mengetahui apa saja penyebab bau mulut maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara agar bau mulut wangi serta segar sepanjang hari. Tipsnya sangat sederhana, asalkan di ikuti dengan konsisten maka masalah bau mulut bisa teratasi.

1. Gosok Gigi Teratur dan Rutin
Menggosok gigi sangatlah penting. Kesehatan mulut dan gigi akan tetap terjaga apabila kita rajin menggosok gigi setiap hari. Apabila mulut dan gigi kita sehat maka pastinya nafas pun akan menjadi wangi serta segar. Anda akan terhindar dari yang namanya bau mulut busuk. Ini yang sangat penting, jangan lupa gosok gigi malam sebelum tidur.

2. Kunjungi Dokter Gigi Secara Rutin
Mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali akan sangat membantu kita terhindar dari masalah bau mulut busuk. Lakukanlah pembersihan karang gigi atau menambal gigi yang berlubang di dokter gigi kepercayaan Anda. Perawatan gigi yang rutin akan membuat gigi kita tetap sehat sehingga nafas kitapun tetap wangi dan tidak bau.

3. Mouthwash
Setelah menggosok gigi maka jangan lupa melakukan kumur-kumur dengan mouthwash. Hal ini bertujuan agar bakteri-bakteri penyebab bau mulut yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi bisa hilang ketika kita berkumur-kumur dengan mouthwash.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok
Rokok tidak baik untuk kesehatan, bahkan juga bisa membuat nafas menjadi bau. Maka dari itu hentikanlah kebiasaan merokok ini agar nafas Anda tetap wangi dan segar sepanjang hari. Selain itu, jangan lupa konsumsi air putih cukup agar mulut tidak kering.

5. Minum Jus Lemon
Kamu juga bisa memilih jus lemon sebagai minuman untuk menemani makan siang Anda. Jus lemon kaya akan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan asam pada lemon juga berguna membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Dengan begitu maka nafas Anda akan tetap segar dan wangi sepanjang hari


Itu saja tips agar bau mulut wangi dan segar sepanjang hari. Jagalah kesehatan gigi dan mulut Anda karena itu merupakan kunci utama agar nafas kita tetap wangi dan tidak berbau. Satu hal yang mesti Anda ingat, jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur di malam hari ya. Semoga tips diatas bermanfaat buat kita semua.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Biar Bau Mulut Wangi dan Segar Sepanjang Hari

0 komentar:

Post a Comment