20 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan





Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit adalah salah satu rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bumbu yang satu ini tak pernah lepas dari resep masakan lezat para ibu rumah tangga. Iya, jika bumbu dapur yang satu ini tak melengkapi maka seperti ada yang kurang dalam rasa masakan. Selain dijadikan bumbu dapur, kunyit juga bisa diolah menjadi ramuan tradisional atau jamu.

Hal ini karna kunyit memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit.

Selain itu sekarang produk-produk kecantikan juga  menggunakan bahan dasar kunyit. Hal ini karena kunyit sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Apa aja sih manfaat kesehatan dan kecantikan dari kunyit? Dari pada penasaran yuk simak 20 manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami.
Kamu yang mengalami luka, sebaiknya gunakan kunyit sebagai penghilang rasa sakitnya. Selain itu kunyit juga dikenal cepa mengeringkan luka.

2.  Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena punya sifat anti-kanker.
Rutin mengonsumsi ramuan kunyit dengan cara yang teratur dapat meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak gampang terinfeksi penyakit ganas, seperti kanker.

3. Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel.
Cara ini cocok untuk kamu yang ingin menjaga kulit agar tetap kencang dan terhindar dari penuan. Kamu bisa mengonsumsi jamu nya atau membuat masker berbahankan kunyit ladies.

4. Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda.

5. Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.

6. Kunyit dapat memainkan peran penting dalam hal mencegah leukemia.
Leukemia adalah penyakit yang cukup parah jika terus dibiarkan. Maka untuk mencegahnya kamu bisa konsumsi kunyit secara teratur dan tidka berlebihan.

7. Program diet
Memasukkan kunyit dalam diet Anda sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit.

8. Kunyit dapat menurunkan berat badan.
Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda secara efektif.

9. Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
Nah kamu yang sering beraktivitas dibawah sinar matari, bisa menggunakan kunyit sebagai alternatif untuk mengembalikan pigmentasi kulit.

10. Mencegah proses penuaan karena punya sifat antioksidan.

11. Melembabkan kulit.
Memiliki kulit kering memang menyebalkan. Tapi tenang, kunyit juga berfungsi sebagai salah satu komponen yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.

12. Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.
Bekas luka yang ada pada tubuh, bisa di atasi dengan menggunakan kunyit. Caranya bisa dibuat masker atau potong kunyit kemudian oleskan kebagian bekas luka.

13. Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan warna kulit cerah.
Tampil cantik? Siapa takut. Karena dengan menggunakan kunyit wajahmu akan lebih terawat ladies.

14. Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

15. Mengatur insulin
Ini adalah salah satu peran dari kunyit terhadap diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

16. Mengurangi lemak
Kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

17.  Mencegah infeksi
Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

18. Mengobati Keputihan dengan Kunyit
wanita seringkali dihadapkan dengan masalah keputihan, tapi kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan kunyit. Caranya ambil dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, sepotong gula kelapa atau aren. Cuci bersih semua bahan dan campurkan semua bahan, lalu rebus dengan satu liter air hingga mendidih. Setelah itu saring, dan minumlah air kunyit tersebut secara teratur.

19. Mengobati Koreng dan Gatal
Koreng dan gatal atau suatu penyakit yang berasal dari jamur, karena terjatuh atau juga bisa dari genetika. Selain itu kurang nya merawat diri juga menjadi faktor utama datangnya gatal. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

20. Merangsang Keluarnya ASI
Wanita yang baru melahirkan namun sulit mnegeluarkan ASI. Bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alternatif perangsanganya. Caranya gunakan pupuk kunyit dan sapukan pada payudara, lakukan hingga beberapa saat hinggat ASI terangsang untuk keluar.


Kesehatan dan kecantikan adalah sebuah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang. Maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan dan kecantikan dalam tubuh. Nah itulah 20 manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment