Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya





Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan tenaga. Biasanya setelah bangun dari tidur, kita akan merasa lebih fresh. Rasa capek, lelah serta lemas akan menghilang karena tubuh kita sudah melakukan “charge” sendiri disaat kita sedang tertidur.

Namun pernah gak sih beberapa diantara Anda mengalami sesuatu yang menjengkelkan yaitu merasakan pusing saat bangun tidur. Ketika baru terbangun dari tidur, kepala terasa sakit dan berputar-putar. Ditambah lagi dengan perut yang terasa nggak karuan seperti mual ingin muntah.

Jika Anda sering mengalami hal semacam ini, maka ada baiknya kita tidak menyepelekannya karena akan sangat mengganggu sekali. Nah, berikut beberapa hal yang mesti Anda ketahui apa saja penyebab kepala terasa pusing saat bangun tidur.

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur


1. Tekanan Darah Rendah
Penyebab kepala pusing saat bangun tidur bisa saja dikarenakan tekanan darah Anda rendah. Untuk mengetahui hal ini, harus dilakukan cek tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Jika memang penyebab Anda sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur diakibatkan oleh karena tekanan darah yang rendah maka konsumsilah makanan penambah darah seperti daging atau bayam. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin penambah darah yang banyak dijual di apotek.

2. Vertigo
Apakah Anda punya penyakit vertigo ? bisa saja pusing saat bangun tidur disebabkan oleh karena vertigo Anda kumat. Ciri-cirinya biasanya bukan saja membuat kepala pusing seakan dunia berputar tetapi juga membuat perut kita menjadi mual serta berkeringat dingin.
Maka dari itu bagi Anda yang punya riwayat penyakit vertigo, hindari stres berlebihan. Karena apabila kita stres dan banyak pikiran, maka biasanya vertigo akan kumat.

3. Bangun Akibat Terkejut
Pasti menjengkelkan sekali, baru saja tertidur dan kemudian ada saja orang yang membangun kita secara tiba-tiba sehingga membuat kita menjadi terkejut. Bangun tidur dengan cara seperti ini biasanya juga akan menyebabkan kepala menjadi pusing. Bahkan setelah itu, membuat kita menjadi sulit untuk tidur kembali karena merasakan pusing.

4. Gula Darah Menurun
Penurunan kadar gula darah didalam tubuh juga bisa menyebabkan kita menjadi pusing saat bangun tidur. Biasanya para penderita diabetes yang sering mengalami hal ini, dikarenakan penderita diabetes kadar gula darahnya tidak stabil.

5. Akibat Posisi Tidur Yang Salah
Tidurlah dengan posisi yang baik. Karena apabila kita tidur dengan posisi yang salah maka nantinya bisa menyebabkan kepala menjadi pusing saat bangun tidur. Adapun posisi tidur terbaik menurut Islam adalah dengan posisi mirin ke kanan. Hindari tidur dengan posisi tengkurap !

6. Mengkonsumsi Obatan Tertentu
Kemudian penyebab pusing saat bangun tidur yang terakhir yaitu bisa saja diakibat oleh karena efek samping dari obat-obatan tertentu. Coba ingat-ingat, apakah Anda ada mengkonsumsi obat sesaat sebelum tidur. Jika memang itu penyebabnya maka hentikanlah mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Tips Agar Tidak Pusing Saat Bangun Tidur


  • Hindari perubahan posisi tubuh yang terlalu cepat dari berbaring ke duduk dan dari duduk ke berdiri
  • Pastikan kebutuhan cairan anda tercukupi setiap harinya, setidaknya 2 liter per hari
  • Hindari terlambat makan, jangan biarkan perut anda kosong (misalnya karena diet)
  • Hindari makanan pedas, berminyak, asam
  • Hindari minuman beralkohol, berkafein, dan bersoda
  • Jangan berbaring segera setelah anda makan
  • Makan malam paling lambat 4 jam sebelum anda tidur


Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja penyebab kepala pusing saat bangun tidur. Jika pusing yang Anda alami terus berlanjut berhari-hari maka segeralah untuk melakukan konsultasi ke dokter.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

0 komentar:

Post a Comment