Efek Buruk Makan Malam Langsung Tidur





Efek Buruk Makan Malam Langsung Tidur

Jam berapakah Anda makan malam. Mungkin diantara kita ada beberapa yang menjawab jika mereka makan malam jam enam, tujuh dan bahkan ada juga sebagian lagi yang mengatakan bahwa mereka sering makan malam pada pukul sembilan atau sepuluh malam. Lalu, kemudian setelah itu mengantuk dan tidur.

Sudah menjadi kebiasaan setiap orang jika sehabis makan itu pasti mengantuk. Namun sebaiknya jangan jadikan ini sebagai kebiasaan. Apalagi langsung tidur sehabis makan malam, itu sangat tidak bagus untuk kesehatan kita. Ada beberapa efek buruk yang akan Anda rasakan apabila sering melakukan kebiasaan buruk ini yakni sesudah makan malam langsung pergi tidur.

Berikut beberapa diantaranya efek buruk langsung tidur sehabis makan malam.

Efek Buruk Makan Malam Langsung Tidur


1. Membuat Perut Terasa Penuh
Pastinya Anda akan merasakan perut seakan terasa penuh, kembung atau begah. Sehingga menyebabkan Anda menjadi tidak nyaman untuk tidur. Jikapun dipaksa untuk tidur maka perut akan menjadi sakit.

2. Berat Badan Naik Drastis
Okelah jika Anda tidak merasakan begah ketika sehabis makan malam langsung tidur. Namun satu hal yang tidak dapat dihindari yaitu pasti akan menyebabkan berat badan Anda menjadi bertambah dan naik drastis. Bukan tidak mungkin jika kebiasaan ini terus menerus Anda lakukan maka Anda akan mengalami obesitas.

3. Penyakit Diabetes Mengintai
Ketika Anda mengalami kenaikan berat badan dan mengalami obesitas maka resiko untuk terkena penyakit dibaetes pun akan meningkat. Diabetes adalah penyakit mematikan yang sampai saat ini belum ada obatnya. Penyakit ini mengharuskan penderitanya untuk mengkonsumsi obat sepanjang hidupnya. Jika Anda tidak mau terkena diabetes maka hentikanlan kebiasaan langsung tidur setelah makan malam.

4. Serangan Jantung
Selain diabetes, Anda juga beresiko terkena serangan jantung. Ketika kita langsung tidur sehabis makan maka lemak-lemak akan mengendap didalam tubuh kita. Lemak tersebut lama kelamaan akan terus menumpuk dan kemudian menyumbat pembuluh darah Anda. Hal ini menyebabkan Anda sangat beresiko mengalami serangan jantung mendadak.

5. Membuat Tidur Menjadi Tidak Nyenyak
Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur akan memberi stimulus pada tubuh untuk melakukan sesuatu aktivitas sehingga membuat kita sulit untuk tidur. Jika pun dipaksa untuk tidur maka biasanya kita akan selalu terbangun di malam hari. Hal ini dikarenakan tubuh masih memliki banyak energi dari makanan yang kita konsumsi tadi.

Efeknya akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda, dan membuat tidur malam Anda menjadi kurang nyenyak akibat sering terjaga.

6. Acid Reflux
Apakah Anda tahu apakah itu acid reflux. Bagi yang belum mengetahui, acid reflux ini adalah suatu keadaan dimana asam lambung naik hingga ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. Nah, apabila Anda langsung berbaring setelah selesai makan malam maka jangan heran apabila pada keesokan paginya saat bangun tidur Anda akan mengalami sakit serta perih pada tenggorokan.


Berapa Lama Setelah Makan Boleh Tidur


Setelah membaca efek buruk sehabis makan malam langsung tidur maka pasti Anda akan bertanya-tanya. Kira-kira berapa lama setelah makan malam boleh tidur ?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena kita akan membahas hal tersebut sehingga Anda terhindar dari efek samping berbahaya akibat langsung tidur sehabis makan malam. Menurut para ahli kesehatan mengatakan bahwa Anda sebaiknya memberikan jarak setidaknya 4 jam setelah makan malam dan kemudian baru boleh tidur.

Hal ini bertujuan agar makanan yang Anda konsumsi bisa dicerna dengan sempurna oleh tubuh sehingga tidak ada penumpukan lemak. Anda juga bisa melakukan olahraga 10 menit saja, olahraga ringan saja untuk membantu membakar kalori. Dengan begitu makan akan membuatmu merasa lelah dan kemudian bisa tidur lebih nyenyak.

Itulah tadi efek buruk makan malam langsung tidur beserta tips bagaimana untuk meminimalisir efek samping nya. Salah satu tipsnya seperti yang sudah disebutkan diatas tadi  yaitu berikan jeda atau jarak setidaknya 4 jam setelah makan, kemudian setelah itu baru silahkan tidur malam. Semoga informasi ini bermanfaat !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Efek Buruk Makan Malam Langsung Tidur

0 komentar:

Post a Comment