Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke





Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke

Ada pepatah mengatakan jika lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Karena apa ? karena apabila kita sudah terkena penyakit tertentu, misalnya stroke maka sudah pasti akan membuat kita cukup tersiksa karena biasanya proses penyembuhan penyakit stroke ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, untuk pengobatan penyakit yang satu ini juga memakan biaya yang cukup banyak.

Menjalani pola hidup sehat sangatlah penting, agar tubuh kita terhindar dari penyakit yang cukup mematikan ini. Karena menurut Asosiasi Stroke Nasional, mengatakan bahwa penyakit yang satu ini termasuk salah satu penyakit pembunuh manusia terbesar nomor tiga di Amerika Serikat.

Itulah mengapa sangat penting untuk kita selalu menjaga kesehatan. Jangan sampai gara-gara pola hidup kita yang tidak sehat, akhirnya kita terkena penyakit stroke. Biasanya, orang-orang yang terkena stroke diakibatkan karena gaya hidup yang tidak sehat.

Nah ngomong-ngomong mengenai penyakit stroke, bagi Anda yang pada saat ini menderita stroke maka ada baiknya menghindari makanan-makanan berikut ini. Apa saja itu ? simak saja selengkapnya dibawah ini.

1. Jauhi Makanan Berlemak
Penderita stroke sebaiknya menjauhi makanan berlemak, karena apabila masih nekat mengkonsumsi makanan berlemak maka bisa memperparah kondisi Anda. Asupan lemak yang berlebihan sangatlah berbahaya untuk Anda karena lemak tersebut bisa menyumbat pembuluh darah Anda. Apabila pembuluh darah tersumbar, maka Anda sudah pasti tahu apa resiko yang akan menimpa Anda.

So, sekali lagi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak. Makanan yang digoreng-goreng termasuk kedalam makanan berlemak loh, bahkan Anda juga harus mengurangi mengkonsumsi kerupuk karena itu juga merupakan sumber lemak

2. Jangan Konsumsi Minuman Bersoda
Terkadang disaat cuaca sedang terik, untuk menyegarkan tubuh maka kita mengkonsumsi minuman bersoda. Bagi kamu yang memiliki tubuh sehat, mungkin mengkonsumsi minuman bersoda tidaklah mengapa tetapi berbeda halnya jika kamu adalah penderita penyakit stroke. Minuman bersoda adalah musuh yang harus dijauhi.

Didalam minuman bersoda terkandung natrium, dimana zat ini bisa membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi ini sangat erat kaitannya dengan penyakit stroke, bahkan bisa memperburuk kondisi penderita stroke.

3. Hindari Mengkonsumsi Minuman Berkafein
Minuman berkafein juga sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit stroke. Karena menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa kafein memliki efek yang signifikan terhadap tekanan darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada arteri, dimana pada akhirnya bisa memicu timbulnya penyakit stroke.

Sedangkan menurut sebuah studi pada 2008 yang dilakukan oleh “British Journal Of Nutrition” menyebutkan jika minuman berkafein memang tidak memberikan efek secara langsung pada pembentukan pembekuan darah. Tetapi minuman berkafein seperti kopi bisa menghambat agregasi trombosit yang tidak berwarna, komponen yang datang tidak teratur akibatnya darah yang datang bersama-sama menciptakan gumpalan. Gumpalan yang terbentuk didalam pembuluh darah dapat menyebabkan stroke.

4. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Yang Terlalu Asin
Kemudian makanan yang mesti dihindari oleh penderita stroke selanjutnya adalah makanan yang terlalu asin. Makanan yang terlalu banyak mengandung garam bisa menyebabkan naiknya tekanan darah Anda, dimana hal ini bisa memperparah penyakit stroke Anda.

Makanan-makanan seperti daging olahan, snack ringan yang dijual diwarung-warung, makanan beku dan makanan yang digoreng biasanya mengandung garam yang cukup tinggi. Sebaiknya anda hindari makanan-makanan tersebut demi kesehatan Anda.

Itulah makanan yang harus dihindari penderita stroke. Banyak sekali kan pantangan makanan untuk penderita stroke. Nah, kalau kamu tidak mau dipantang-pantangin didalam soal makanan maka jagalah kondisi tubuh Anda. Karena tubuh yang sehat bebas mau makan apa saja, asalkan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Oh iya Anda juga bisa membaca makanan pencegah stroke yang enak dan nikmat untuk menambah wawasan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke

0 komentar:

Post a Comment