7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Penyakit stroke





Kebiasaan Buruk Penyebab Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang patut diwaspadai karena apabila kita sudah sekali terkena penyakit yang satu ini maka akan sangat susah untuk sembuhnya. Jarang sekali ada penderita stroke yang bisa sembuh dan normal seperti semula, umumnya kebanyakan dari mereka mengalami kelumpuhan pada beberapa bagian tubuhnya.

Penyakit stroke tidak hanya menyerang orang yang sudah tua saja tetapi juga bisa menyerang orang yang berusia muda, walaupun sangat jarang terjadi. Selain faktor usia, penyebab lainnya dari penyakit stroke ini juga bisa karena kebiasaan. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa berpotensi menyebabkan penyakit stroke.

Kebiasaan Buruk Penyebab Stroke


1. nMerokok
Stroke adalah kondisi dimana terputusnya pasokan darah ke otak akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Nah, apa hubungannya merokok dengan penyakit stroke ? tentu saja da hubungannya. Rokok mengandung nikotin, yang mana zat ini bisa mengendap serta menumpuk pada pembuluh darah Anda. Apabila endapan nikotin sudah sangat banyak maka sudah pasti lama-lama akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah Anda. Hal inilah yang membuat Anda akhirnya terkena penyakit stroke.

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Berlemak
Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak juga sangat beresiko tinggi menyebabkan penyakit stroke. Mengkonsumsi makanan berlemak setiap hari dalam jumlah yang berlebihan akan membuat kondisi tubuh Anda memburuk. Akan ada penumpukan lemak didalam tubuh Anda, yang mana hal ini bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol didalam tubuh Anda.

Apabila kolesterol didalam tubuh kita cukup tinggi maka lama-kelamaan terjadi pembentukan plak didalam pembuluh darah kita sehingga terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan ini menyebabkan aliran darah didalam tubuh Anda menjadi tidak lancar, apabila darah tidak bisa lagi di edarkan ke otak maka akibatnya Anda akan terkena stroke.

3. Stres
Ada banyak hal yang membuat orang menjadi stres. Selama stres masih bisa dikendalikan maka itu bisa dikatakan tidaklah berbahaya. Namun apabila kondisi stres yang Anda alami sudah berat dan tidak bisa dikendalikan maka dampaknya sangat buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Bukan saja hanya memicu terjadinya depresi tetapi juga bisa berpotensi menyebabkan penyakit stroke.

Ketika seseorang didalam kondisi stres berat maka organ-organ yang ada didalam tubuhnya sering kali tidak bisa bekerja secara optimal. Selain bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, stres juga mempengaruhi perubahan hormon pada otak. Hal ini menyebabkan darah didalam otak tidak bisa mengalir dengan baik sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada otak.

4. Banyak Mengkonsumsi Makanan Bergaram
Kemudian penyebab penyakit stroke selanjutnya adalah karena terlalu sering mengkonsumsi makanan bergaram. Jangan terlalu berlebihan menggunakan garam ketika memasak karena selain akan membuat masakan Anda menjadi asin, konsumsi garam berlebihan juga bisa memicu naiknya tekanan darah.

Tekanan darah tinggi sudah tentu sangat tidak baik untuk tubuh Anda karena hal ini bisa membuat kita menjadi pusing. Selain itu, tekanan darah yang tinggi juga berpotensi menyebabkan pendarahan pada otak, yang mana kemudian bisa memicu timbulnya penyakit stroke.

5. Kurang Berolahraga
Kebiasaan malas bergerak adalah salah satu cikal bakal tumbuhnya banyak bibit penyakit didalam tubuh Anda. Salah satu penyakit yang akan mengintai orang-orang yang kurang berolahraga atau krang gerak adalah penyakit stroke. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin terhindar dari penyakit stroke maka luangkanlah waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin maka tubuh Anda akan menjadi sehat dan bugar sepanjang hari.

6. Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol memiliki efek yang sangat tidak baik untuk tubuh kita. Namun sayangnya beberapa diantara kita kurang menyadari hal ini sehingga mereka tetap saja mengkonsumsinya meskipun sudah dilarang.

Ketika kita minuman beralkohol masuk kedalam tubuh kita maka tubuh akan mengenalinya sebagai zat asing. Keberadaan zat asing ini yang kemudian menyebabkan volume darah menjadi sangat tinggi dan kebutuhan untuk mengalirkan darah mendapatkan tekanan besar. Kondisi ini membuat pasokan darah ke otak menjadi berkurang sehingga menyebabkan terjadinya penyakit stroke

7. Kurang Tidur
Dan kebiasaan buruk penyebab stroke yang terakhir yaitu kurang tidur. Tidur merupakan cara tubuh untuk beristirahat, apabila kita kurang tidur maka tubuh akan terasa lesu, lemas dan mudah lelah. Selain itu, kurang tidur juga sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita, proses metabolisme didalam tubuh kita akan menjadi kacau apabila kita kurang tidur. Kacau nya sistem metabolisme ini bisa mengakibatkan penyakit stroke.

Tips Mencegah Stroke


Karena penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan bahkan bisa mematikan maka dari itu sebaiknya hindarilah penyebab-penyebab yang bisa memicu terjadinya stroke. Mulailah jalani gaya hidup sehat.

Konsumsi makanan sehat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan bergaram. Luangkanlah waktu untuk berolahraga setiap hari, karena dengan berolahraga maka tubuh Anda akan tetap sehat serta bugar. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Ingat, kelebihan berat badan akan menyebabkan Anda terkena obesitas, yang pada akhirnya bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yaitu salah satunya adalah stroke dan diabetes.

Itulah kebiasaan buruk penyebab stroke yang mestinya harus Anda hindari. Lebih baik mencegah dari sekarang daripada mengobati. Penyakit stroke akan sangat susah disembuhkan sehingga sebisa mungkin harus dihindari.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Penyakit stroke

0 komentar:

Post a Comment