Tips Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari





Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi

Pernah mendengar pepatah alah bisa karena biasa ? ketika dulu masih sekolah saya sangat sering mendengarnya karena ada seorang guru kami yang selalu mengatakan pepatah tersebut setiap harinya untuk menyemangati para murid agar tidak malas-malasan ketika belajar dan tidak mudah menyerah didalam mengerjakan tugas-tugas yang ia diberikan.

Begitu juga dengan bangun pagi, Anda pasti tidak akan merasa berat bangun pagi setiap hari apabila sudah terbiasa. Sekalipun kita tidur larut malam tetapi apabila sudah terbiasa bangun pagi maka tetap saja kita tidak akan kesiangan saat bangun tidur. Kita akan terbangun di pagi hari dengan sendirinya meskipun tanpa ada yang membangunkan.

Akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan apabila telah terbiasa bangun pagi setiap hari. Dengan rutin bangun pagi maka tubuh akan menjadi lebih bugar serta sehat, bahkan didalam agama mengatakan bahwa orang-orang yang selalu bangun pagi rezekinya akan menjadi lancar. Begitu banyak manfaat bangun pagi ini sehingga untuk itu sebaiknya Anda jangan bermalas-malasan untuk bangun tidur di pagi hari.

Nah, bagi Anda yang masih kesulitan untuk bangun pagi maka bisa silahkan menyimak tips dibawah ini agar Anda bisa terbiasa bangun pagi setiap hari.

Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi


1. Gunakan Alarm
Bagi anda yang selama ini sulit untuk bangun pagi maka cobalah letakan alarm di sebelah tempat tidur. Atur waktu pada alarm, misalnya Anda ingin bangun tidur jam 7 pagi maka Anda bisa mengatur jam alarm agar berbunyi pada pukul 7. Biasanya bunyi berisik dari alarm akan membuat kita terjaga dari tidur.

Ingat, jam alarm hanyalah alat sementara yang kita gunakan untuk membiasakan diri agar bisa bangun tidur tepat waktu di pagi hari. Jangan sampai Anda menjadi tergantung dengan alarm, jika alarm belum berbunyi maka Anda tidak mau bangun tidur di pagi hari. Jam alarm digunakan hanya untuk melatih diri kita agar terbiasa bangun tidur diwaktu yang sama setiap hari. Dengan begitu mudah-mudahan Anda menjadi terbiasa dan bisa bangun tidur dipagi hari tepat waktu setiap harinya meskipun nanti tanpa menggunakan alarm.

2. Mengatur Jadwal Tidur
Selain dengan menggunakan alarm tentu saja Anda juga diharuskan untuk bisa mengatur jadwal tidur agar nantinya bisa lebih mudah untuk bangun pagi. Usahakan agar Anda memiliki jadwal tidur serta jadwal bangun yang sama setiap hari, meskipun awalnya agak terasa berat tetapi apabila Anda konsisten maka hasilnya akan sangat baik untuk Anda.

Buatlah komitmen pada diri Anda sendiri misalnya Anda harus tidur pada jam 10 malam dan harus bangun pagi jam 6. Jangan sampai Anda melanggar aturan yang telah Anda buat, sebelum jam 10 malam maka bersiap-siaplah untuk pergi ketempat tidur agar nantinya Anda tidak tidur melewati jam 10 malam.

Sebelum tidur jangan lupa atur alarm agar berbunyi pada pukul 6 pagi agar Anda bisa terbangun pada jam tersebut. Untuk awal-awal tentunya Anda akan memerlukan alarm agar bisa bangun pagi tepat waktu, namun tenang saja apabila nanti sudah terbiasa dengan jadwal tidur yang sama setiap hari maka tanpa menggunakan alarm pun anda akan bisa bangun di pagi hari dengan sendirinya. Alarm digunakan hanya diawal saja untuk melatih diri kita agar terbiasa bangun pagi.

3. Jangan Lupa Berolahraga dan Mengkonsumsi Makanan Sehat
Dengan mengkonsumsi makanan sehat serta berolahraga rutin maka tubuh akan menjadi lebih bugar serta sehat. Apabila tubuh sehat maka pastinya untuk bangun pagi akan terasa ringan. Maka dari itu selalu jaga kondisi kesehatan Anda karena apabila kita sering sakit maka tubuh akan menjadi lesu serta lemas sehingga untuk bangun pagi pun akan menjadi malas.

4. Ciptakan Suasana Tidur Yang Nyaman dan Tenang
Untuk bisa bangun pagi maka kita harus mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur malam yang tidak nyenyak akan membuat kita merasa selalu mengantuk saat dipagi hari dan pada akhirnya membuat kita malas untuk bangun pagi.  Nah, maka dari itu sebelum tidur cobalah untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tenang.

Jangan pikirkan apapun ketika hendak tidur karena apabila kita terlalu banyak pikiran justru malah akan membuat kita menjadi susah tidur. Selain itu, pastikan bahwa suhu ruangan di kamar kita tidak terlalu panas sehingga saat tidur nanti kita akan merasa nyaman. Apabila kita sudah merasa nyaman maka tidur pun akan menjadi nyenyak sehingga untuk bangun pagi tidaklah susah

5. Jangan Menunda Untuk Bangun Dari Tempat Tidur
Apabila kita sudah terbangun dipagi hari maka usahakan jangan lagi memejamkan mata. Apabila kita kembali memejamkan mata maka kemungkin besar akan bisa tertidur lagi sehingga Anda gagal untuk bangun pagi. Maka dari itu segeralah untuk duduk apabila sudah terbangun dipagi hari dan kemudian cuci muka. Setelah itu Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti jalan santai dipagi hari, menyiapkan keperluan untuk hari ini atau bisa juga mandi sehingga dengan begitu maka Anda tidak akan merasa ngantuk di pagi hari.


Itulah sedikit tips cara agar terbiasa bangun pagi. Sebelum Anda melakukan tips diatas maka satu hal yang benar-benar perlu Anda tanamkan didalam diri yaitu niat. Pastikan segala sesuatu apapun yang akan Anda kerjakan harus berawal dari niat terlebih dahulu, apabila kita niat sudah ada maka silahkan lakukan tips diatas.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari

0 komentar:

Post a Comment