11 Manfaat Bangun Pagi Menurut Islam dan Kesehatan





Manfaat Bangun Pagi

Tidur lebih awal dimalam hari dan kemudian bangun lebih cepat dipagi hari akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Berbeda halnya apabila kita sering begadang dan bangun tidur pada siang hari maka tubuh akan terasa lesu, lemas, tidak semangat dan terkadang membuat kita menjadi mudah jatuh sakit.

Selain membuat tubuh menjadi bugar, bangun pagi memiliki sejuta manfaat lainnya yang akan sangat menguntungkan diri kita sendiri. Itulah mengapa para orang tua selalu memperingati kita untuk membiasakan diri bangun dipagi hari karena memang manfaatnya sangat luar biasa bagi tubuh kita. Bahkan jauh sebelum para peneliti dan para ahli kesehatan mengetahui akan manfaat bangun pagi, islam sudah mengajarkannya terlebih dahulu.

Nah, baiklah apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lengkap apa saja manfaat bangun pagi maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan


1. Membuat Tubuh Segar dan Bugar
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa bangun pagi memiliki dampak yang sangat baik untuk tubuh kita. Dampak positif dari bangun pagi ini adalah membuat tubuh kita menjadi lebih segar serta bugar. Apalagi pada saat bangun dipagi hari Anda menyempatkan diri untuk berolahraga maka hal ini akan semakin manambah segar kondisi tubuh kita.

2. Membuat Pikiran Lebih Jernih
Ketika kita bangun di pagi hari maka biasanya udara masih terasa sejuk dan tenang. Hal ini pastinya akan membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka, bahkan terkadang tak jarang ide-ide cemerlang Anda akan keluar saat dipagi hari

3. Melancarkan Peredaran Darah
Udara pagi yang masih sejuk dan bersih karena belum tercemar oleh polusi asap kendaran akan membuat kita merasakan nyaman ketika bernafas. Kita akan mendapat udara yang segar dan berkualitas. Udara bersih yang masuk kedalam tubuh kita tentunya akan sangat berpengaruh, dampaknya yaitu membuat aliran darah didalam tubuh Anda menjadi lancar.

4. Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat
Jangan hanya duduk saja dirumah apabila Anda sudah terbangun dipagi hari tetapi cobalah untuk menggerakan badan dengan berjalan santai atau jogging kecil di sekitar rumah. Dengan begitu maka Anda akan bisa menikmati sinar matahari pagi. Jangan takut terkena matahari pagi karena sinar matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat. Sinar matahari pagi akan membantu mengubah provitam D didalam tubuh Anda menjadi vitamin D, yang mana vitamin ini sangat bagus untuk tulang. Apabila asupan vitamin D didalam tubuh Anda terpenuhi maka tulang Anda pun akan menjadi lebih kuat.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Udara pagi yang masih bersih dan sejuk ternyata juga bisa sebagai pembantu pembentukan zat antibodi. Orang-orang yang sering bangun pagi dipercaya lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak pernah bangun dipagi hari, hal ini dikarenakan orang-orang yang selalu bangun pagi sistem kekebalan tubuhnya lebih bagus.

6. Mencegah Kanker Kulit
Sinar matahari pagi bisa mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D, yang mana vitamin ini bukan hanya sekedar bisa menguatkan tulang tetapi juga bisa sebagai perlindungan bagi kulit kita. Kandungan vitamin D yang didapat dari sinar matahari pagi akan mampu mencegah penyakit kanker kulit.

7. Membangkitkan Semangat
Entah mengapa ketika kita rajin bangun dipagi hari, semanagt didalam diripun akan tetap terjaga. Apalagi ketika dipagi hari kita melakukan hal-hal positif maka mood kita pun akan meningkat sehingga untuk menjalani aktivitas sehari-hari terasa ringan. Kalau kamu gak percaya, coba aja tidur lebih awal dimalam hari dan bangun dipagi hari maka semangatpun akan terus terjaga ketika disiang hari.

8. Membakar Kalori
Kemudian manfaat bangun pagi yang selanjutnya yaitu bisa membantu membakar kalori. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga, kondisi udara yang masih segar dan ditambah dengan suasana yang masih sepi atau tenang maka akan membuat kita lebih bersemangat untuk berolahraga. Dengan berolahraga selama 30 menit saja dipagi hari maka itu sudah cukup untuk membakar banyak kalori didalam tubuh Anda.

Manfaat Bangun Pagi Dalam Islam


9. Mendapat Keberkahan
Nabi muhammad SAW mengatakan bahwa dipagi hari hendaknya kalian janganlah tidur karena pada waktu itu akan banyak sekali keberkahan yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu, lakukanlah hal-hal positif dipagi hari agar Anda bisa mendapatkan keberkahan waktu pagi.

10. Menambah Kecerdasaan
Jauh sebelum ada penelitian, Rasullulah sudah menganjurkan kita umat manusia untuk selalu bangun diwaktu subuh. Bangun diawal hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita salah satunya adalah bisa menambah kecerdasaan otak.

11. Membuka Pintu Rezeki
Islam mengajarkan bahwa ketika Anda bangun dipagi hari atau tepatnya saat subuh maka sebaiknya segeralah untuk sholat. Dengan melakukan amalan-amalan baik dipagi hari dan berdoa kepada Allah maka pintu rezeki Anda akan terbuka.

Itulah manfaat bangun pagi bagi kesehatan dan islam. Ada banyak sekali keuntungan bangun pagi ini. Jadi setelah membaca tulisan diatas, apakah Anda masih malas-malasan untuk bangun dipagi hari ? Semoga saja tidak ya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Manfaat Bangun Pagi Menurut Islam dan Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment