5 Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Minus





Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Minus

Penyebab mata minus pada seseorang sangatlah beragam, ada yang disebabkan oleh karena faktor keturunan dan ada juga yang disebabkan oleh karena terlalu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti main handphone di ruangan yang gelap. Nah, apabila ada diantara Anda yang sering melakukan kebiasaan tersebut maka sebaiknya mulai dari sekarang cobalah untuk menghentikannya karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan mata Anda.

Menatap layar smartphone didalam ruangan gelap memiliki dampak yang sangat buruk bagi mata Anda. Apabila terus dilakukan maka bukan tidak mungkin dalam waktu yang singkat mata Anda akan menjadi minus. Apabila mata sudah mulai minus maka penglihatan Andapun akan terganggu. Kita akan menjadi kesulitan untuk melihat suatu benda yang berada di kejauhan, untuk bisa melihat suatu benda dikejauhan dengan jelas maka Anda harus menggunakan kaca mata.

Percayalah, mata minus sungguh tidak mengenakan sehingga untuk itu jagalah kesehatan mata Anda mulai dari sekarang. Hindari hal-hal buruk yang bisa menyebabkan mata menjadi minus. Apabila Anda belum tahu apa saja kebiasan-kebiasaan buruk penyebab mata minus maka silahkan simak lebih lengkapnya dibawah ini. Selain menatap layar smarthphone di ruangan gelap berikut beberapa kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak kesehatan mata Anda.

Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Minus


1. Melihat Layar Komputer Atau TV Terlalu Dekat
Ini bukanlah mitos belaka, ada banyak sekali orang yang matanya minus diakibatkan karena terlalu sering menatap layar komputer atau menatap televisi dengan jarak yang terlalu dekat. Untuk itu apabila Anda sedang menonton televisi atau bekerja didepan layar komputer maka usahakan agar tidak terlalu dekat. Jika perlu berilah pelindung pada layar komputer atau televisi Anda agar kesehatan mata bisa tetap terjaga.

Peringatkan juga pada anak-anak Anda, selalu kontrol mereka apabila berada didepan televisi atau komputer. Biasanya anak-anak belum terlalu mengerti mengenai hal ini sehingga terkadang mereka selalu menonton dari jarak yang dekat. Apalagi kalau sedang main game maka biasanya mereka akan melihat layar komputer atau televisi benar-benar dengan jarak pandang yang sangat dekat.

2. Membaca Buku Dengan Posisi Yang Salah
Apakah Anda pernah dimarahin oleh emak ketika membaca buku sambil tiduran ? ya, saya dulu sering sekali diperingatkan oleh orang tua untuk tidak membaca buku sambil tiduran. Ternyata apa kata emak itu memang sangatlah betul, mereka melarang kita membaca buku sambil tiduran karena memang hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan buruk penyebab mata minus. Selain itu, kita juga sebaiknya harus menghindari membaca buku diruangan yang kurang pencahayaan. Membaca buku ditempat remang-remang juga bisa berpotensi menyebabkan mata menjadi minus.

3. Stres Mata
Pernah dengar apa itu stres mata ? bukan hanya pikiran Anda saja yang bisa stres tetapi mata juga bisa. Stres mata diakibatkan oleh karena mata kelelahan akibat adanya aktivitas yang membutuhkan penglihatan jarak dekat. Apabila mata terlalu diforsir untuk bekerja maka lama-kelamaan dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan mata menjadi minus. Maka dari itu apabila mata sudah lelah ketika bekerja di depan layar komputer maka cobalah untuk mengistirahatkan mata sebentar

4. Bermain Smartphone di Ruangan Gelap
Hampir kebanyakan orang pada saat ini memiliki smartphone, bahkan smartphone ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari mereka. Ketika akan hendak tidur dimalam hari pun kebanyakan diantara kita masih memainkan smartphone nya, entah itu cuma mengecek sms atau mengecek notifikasi media sosial.

Sebenarnya tidak ada yang melarang Anda untuk bermain smartphone asalkan tau waktu. Apabila lampu kamar sudah dimatikan maka sebaiknya Anda tidak lagi memainkan smartphone karena hal ini selain bisa mengganggu waktu tidur juga bisa mengganggu kesehatan mata Anda. bermain smartphone didalam suasana kamar yang gelap akan sangat dalam jangka waktu yang lama akan membuat mata Anda menjadi minus.

5. Genetik
Untuk penyebab mata minus yang terakhir yaitu tidak ada hubungannya dengan kebiasaan yang sering Anda lakukan. Bagi Anda yang mempunyai orang tua dengan gangguan mata minus maka hal ini kemungkinan akan bisa menurun pada keturunannya. Faktor penyebab mata minus akibat keturunan ini memang benar-benar diluar kendali kita, yang hanya bisa dilakukan adalah hanya mencegah agar resiko Anda untuk terkena mata minus mengecil. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat.

Gejala Mata Minus


1. Merasa kabur ketika melihat objek atau benda yang jaraknya jauh dari Anda
2. Mengalami sakit kepala atau pusing
3. Sering mengucek mata karena tidak bisa melihat benda yang jauh secara jelas
4. Mata terasa lelah, tegang dan terkadang sering berkedip
5. Saat dimalam hari penglihatan Anda menjadi semakin memburuk
6. Apabila melihat sesuatu harus dari jarak yang dekat agar bisa terlihat jelas, misalnya nonton TV
7. Apabila mengendarai kendaraan akan merasa kesulitan melihat

Itulah kebiasaan buruk penyebab mata minus yang patut Anda ketahui. Jangan pernah abaikan hal ini apabila Anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas maka segeralah secepat mungkin untuk memeriksakan kondisi mata Anda kedokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Minus

0 komentar:

Post a Comment