Cara Membuat Lulur Alami Untuk Memutihkan Tubuh





Cara Membuat Lulur Alami Untuk Memutihkan Tubuh

Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih adalah suatu keharusan bagi para wanita karena dengan begitu maka mereka akan menjadi lebih percaya diri. Tak heran apabila kebanyakan wanita sangat memperhatikan perawatan wajah mereka dan sering kali melupakan perawatan kulit tubuhnya. Padahal kita juga perlu untuk merawat kulit tubuh agar bukan hanya kulit wajah Anda saja yang putih tetapi kulit tubuh juga harus putih, mulus dan bersih.

Nah, salah satu cara merawat kulit tubuh yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah yaitu dengan cara luluran. Dengan rajin memakai lulur maka itu sudah bisa dikatakan sangat membantu didalam memutihkan kulit tubuh. Anda tidak perlu khawatir dan takut untuk mengeluarkan banyak uang dengan membeli lulur yang berharga mahal, kita bisa membuat lulur murah meriah sendiri dari bahan-bahan alami. Penasaran apa saja bahan alami yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuat lulur ? yuk mari kita simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Lulur Alami


1. Lulur Beras dan Madu
Madu dan beras adalah kombinasi yang cukup bisa diandalkan, kandungan nurtisi yang terdapat pada kedua bahan tersebut mampu membantu memutihkan sekaligus menghaluskan kulit tubuh Anda. Untuk cara pembuatannya sendiri terbilang sangat mudah sehingga tidak ada salahnya apabila Anda sesekali mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Cukup siapkan tepung beras sebanyak setengah gelas, lalu campurkan tepung tersebut dengan beberapa sendok madu. Aduk-aduk agar kedua bahan tercampur rata dan teksturnya sudah berbentuk seperti pasta. Setelah itu baru oleskan lulur tepung beras dan madu pada seluruh tubuh Anda secara merata. Sebaiknya mintalah, teman, sahabat atau saudara Anda untuk mengoleskannya agar lulur bisa merata.

Biarkan lulur tersebut mengering yaitu kira-kira selama 30 menit dan kemudian setelah itu baru bersihkan tubuh Anda.

2. Lulur Kopi
Kopi adalah minuman nikmat yang sering kali menjadi teman sarapan dipagi hari. Nah, ternyata selain enak untuk dikonsumsi Anda juga bisa memanfaatkan kopi sebagai lulur tubuh. Lulur kopi bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh Anda sehingga nantinya kulit tubuh Anda akan lebih cerah dan halus.

Cara membuat lulur kopi tidaklah susah, Anda cukup menyediakan 1-2 cangkir bubuk kopi yang tidak terlalu halus. Campurkan bubuk kopi tersebut dengan beberapa sendok minyak zaitu dan kemudian aduk-aduk agar keduanya tercampur rata.

Sebelum memakai lulur kopi ini maka sebaiknya Anda pergilah mandi air hangat terlebih dahulu agar pori-pori kulit tubuh Anda lebih terbuka. Setelah itu, baru gosok-gosokan lulur kopi pada tubuh Anda. Jika kesulitan maka Anda bisa meminta bantuan teman, gosokan dengan gerakan melingkar. Setelah 15 menit maka silahkan bersihkan tubuh Anda dan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Terakhir, gunakanlah body lotion agar kelembaban kulit tubuh Anda bisa tetap terjaga.

3. Lulur Tradisional Jawa
Selain lulur diatas, Anda juga bisa mencoba membuat lulur tradisional jawa atau lulur kuning yang merupakan salah satu andalalan putri keraton. Para putri keraton zaman dahulu selalu menggunakan lulur kuning ini untuk menjaga agar kulit tubuh mereka tetap halus, putih dan bersih.

Adapun bahan-bahan yang mesti Anda siapkan untuk membuat lulur tradisional jawa ini adalah tepung beras sebanyak 5 sendok, kunyit yang seukuran 3 ruas jari, kencur seruas jari, temugiring juga seruas jari dan kemudian daun pandan  1/4  lembar.

Silahkan campurkan semua bahan dan kemudian masukan kedalam blender untuk dihaluskan, bisa ditambah dengan sedikit air agar tidak seret ketika diblender. Setelah adonan tercampur rata dan berbentuk seperti pasta maka masukan kedalam mangkuk kecil.

Sebelum memakai lulur maka bersihkan tubuh Anda atau mandi terlebih dahulu dan kemudian keringka dengan handuk. Oleskan lulur jawa tradisional ini pada selurug tubuh Anda dan biarkan saja hingga lulur agar sedikit mengering. Kemudian sebelum lulur benar-benar kering maka gosok tubuh Anda dengan gerakan melingkar agar daki dan sel kulit mati pada kulit tubuh Anda bisa terangkat. Kemudian jika sudah selesai maka silahkan bersihkan tubuh Anda kembali.

4. Lulur Boreh
Kemudian lulur alami yang bisa Anda coba untuk buat sendiri dirumah yaitu lulur boreh. Sejatinya, lulur boreh ini adalah lulur khas dari pulau dewata. Para wanita disana sangat suka menggunakan lulur boreh karena khasiatnya sungguhlah banyak yaitu bukan hanya sekedar membuat kulit tubuh menjadi halus dan cantik saja tetapi juga bisa membantu meredakan pegal-pegal, menghangatkan tubuh dan melancarkan aliran darah.

Cara membuat lulur boreh ini sebenarnya sangatlah mudah tetapi bahan-bahan alami untuk pembuatannya cukup banyak. Anda harus menyiapkan serai, cendana, beras hitam, minyak kelapa, jahe, kayu manis, cengkih, pala, dan lengkuas. Jika bahan sudah siap maka silahkan haluskan semua bahan dan campur menjadi satu, lalu balurkan pada kulit tubuh Anda. Berikan sedikit pijatan ketika mengoleskan lulur boreh ini dan kemudian setelah itu biarkan selama 20 menit. Apabila sudah maka silahkan bilas tubuh Anda dengan air bersih.

Itulah cara membuat lulur alami untuk memutihkan kulit tubuh. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya ?


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Lulur Alami Untuk Memutihkan Tubuh

0 komentar:

Post a Comment